MODE MENENGAH
Disebut juga sebagai entry modes kontraktual, terdiri dari seperangkat perjanjian, seperti waralaba, lisensi, joint venture dan kontrak manufaktur. Strategi ini didasarkan pada kontrak tertentu antara dua atau lebih perusahaan yang berbeda melakukan bisnis.
a. Lisensi (licensing)
Lisensi adalah salah satu strategi entry mode intermediate biasanya digunakan oleh perusahaan teknologi tinggi. Lisensi adalah perjanjian yang memberikan satu perusahaan hak untuk menggunakan kekayaan intelektual untuk jangka waktu tertentu dengan imbalan royalti atau kompensasi lain seperti pengetahuan atau produk.
Perjanjian lisensi dapat dibagi dalam dua jenis utama: lisensi perizinan perdagangan dan hak cipta dan lisensi know-how (pengetahuan).
Perjanjian lisensi pengetahuan adalah kontrak di mana suatu perusahaan memberikan teknologi atau manajemen pengetahuan tentang cara pembuatan produk.
Perjanjian lisensi merek dagang terdiri dari kontrak di mana suatu perusahaan memberikan perusahaan lain izin untuk menggunakan nama, logo atau karakter dalam pertukaran untuk royalti. Hak cipta memberikan pemilik hak eksklusif untuk mereproduksi, mendistribusikan, melakukan, menampilkan, atau mempersiapkan hasil produk lisensi secara publik (Cavusgil et al., 2012: 467).
b. Waralaba (franchising)
Waralaba adalah bentuk yang lebih maju dari lisensi di mana pemilik, pemilik waralaba, memberikan hak kepada investor atau pengusaha, penerima waralaba, menggunakan konsep bisnis, merek itikad baik dan bisnis strategi lengkap dengan imbalan kompensasi, biasanya royalti, yang merupakan
persentase tertentu dari pendapatan (Jimenez, 2012: 165). Ada dua jenis utama dari waralaba yaitu waralaba produk dan nama dagang, dan waralaba format bisnis. Dalam waralaba produk dan perdagangan nama, pemasok waralaba
membuat kontrak dengan dealer untuk membeli atau menjual produk atau lini produk. Dalam waralaba format bisnis, di bawah kondisi kontrak pemilik waralaba memberikan, format bisnis atau konsep keseluruhan bisnis untuk franchisee negara tujuan (Hollensen, 2008: 233).
Waralaba adalah bentuk yang lebih maju dari lisensi di mana pemilik, pemilik waralaba, memberikan hak kepada investor atau pengusaha, penerima waralaba, menggunakan konsep bisnis, merek itikad baik dan bisnis strategi lengkap dengan imbalan kompensasi, biasanya royalti, yang merupakan
persentase tertentu dari pendapatan (Jimenez, 2012: 165). Ada dua jenis utama dari waralaba yaitu waralaba produk dan nama dagang, dan waralaba format bisnis. Dalam waralaba produk dan perdagangan nama, pemasok waralaba
membuat kontrak dengan dealer untuk membeli atau menjual produk atau lini produk. Dalam waralaba format bisnis, di bawah kondisi kontrak pemilik waralaba memberikan, format bisnis atau konsep keseluruhan bisnis untuk franchisee negara tujuan (Hollensen, 2008: 233).
c. Kontrak manufaktur (contract manufacturing)
Kontrak manufaktur adalah situasi di mana sebuah perusahaan mengendalikan Research and Development pemasaran, distribusi, penjualan dan jasa dari produk-produknya di pasar internasional, tapi memberikan tanggung jawab untuk produksi ke perusahaan lain yang terletak di pasar luar negeri sasaran.
Dengan kata lain outsourcing manufaktur ke mitra eksternal, khusus dalam produksi dan teknologi produksi (Hollensen, 2008: 228).
Kontrak manufaktur adalah situasi di mana sebuah perusahaan mengendalikan Research and Development pemasaran, distribusi, penjualan dan jasa dari produk-produknya di pasar internasional, tapi memberikan tanggung jawab untuk produksi ke perusahaan lain yang terletak di pasar luar negeri sasaran.
Dengan kata lain outsourcing manufaktur ke mitra eksternal, khusus dalam produksi dan teknologi produksi (Hollensen, 2008: 228).
Dalam kontrak manufaktur pembayaran dari kontraktor ke perusahaan yang dikontrakan biasanya berdasarkan per unit, sehingga perusahaan yang dikontrak mampu menghasilkan lebih banyak uang. Keuntungan dari metode ini adalah hal itu memberikan perusahaan kontraktor cukup banyak fleksibilitas karena jika perusahaan dikontrak tidak memenuhi standar kualitas, atau tidak dapat menangani proses pengiriman sesuai kemauan kontraktor, mereka dapat mengubah ke produsen lain, tergantung dari durasi kontrak yang dibuat (Hollensen, 2008: 230).
d. Usaha patungan (joint venture/ strategic alliance)
Joint venture atau perusahaan patungan terjadi ketika perusahan sedikitnya dua negara yang berbeda (biasanya salah satu berasal dari lokal), mendirikan sebuah perusahaan baru untuk menghasilkan produk atau menyediakan jasa bersama-sama. Aliansi strategis kurang lebih sama dengan joint venture.
Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa dalam aliansi strategis, sebagian besar para pihak tidak menempatkan ekuitas atau berinvestasi dalam aliansi sedangkan jika perusahaan patungan mereka berinvestasi (Albaum dan Duerr, 2011: 550).
Joint venture atau perusahaan patungan terjadi ketika perusahan sedikitnya dua negara yang berbeda (biasanya salah satu berasal dari lokal), mendirikan sebuah perusahaan baru untuk menghasilkan produk atau menyediakan jasa bersama-sama. Aliansi strategis kurang lebih sama dengan joint venture.
Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa dalam aliansi strategis, sebagian besar para pihak tidak menempatkan ekuitas atau berinvestasi dalam aliansi sedangkan jika perusahaan patungan mereka berinvestasi (Albaum dan Duerr, 2011: 550).
Comments
Post a Comment