MODE EKSPOR
Ekspor adalah usaha suatu perusahaan memasuki pasar asing dengan cara menjual barang yang diproduksi di negara perusahaan tersebut berasal (Kotler dan Armstrong, 2012: 562).
Daniels et al. (2015: 566) mendefinisikan ekspor sebagai kegiatan penjualan barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan di satu negara kepada konsumen yang tinggal di negara lain.
Ada beberapa saluran ekspor yang tersedia bagi perusahaan. Saluran tersebut dapat dibagi menjadi tiga golongan: ekspor langsung, ekspor tidak langsung dan
ekspor kooperatif (Hollensen, 2008: 216).
a. Ekspor langsung (direct export)
Ekspor langsung mengacu pada penjualan produk dan atau jasa langsung
kepada perantara independen, yang dapat berupa agen atau distributor terletakdi target pasar asing
Daniels et al. (2015: 566) mendefinisikan ekspor sebagai kegiatan penjualan barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan di satu negara kepada konsumen yang tinggal di negara lain.
Ada beberapa saluran ekspor yang tersedia bagi perusahaan. Saluran tersebut dapat dibagi menjadi tiga golongan: ekspor langsung, ekspor tidak langsung dan
ekspor kooperatif (Hollensen, 2008: 216).
a. Ekspor langsung (direct export)
Ekspor langsung mengacu pada penjualan produk dan atau jasa langsung
kepada perantara independen, yang dapat berupa agen atau distributor terletakdi target pasar asing
b. Ekspor tidak langsung (indirect export)
Ekspor tidak langsung terjadi ketika eksportir menggunakan organisasi ekspor
independen yang yang terletak di negara sendiri untuk mengekspor produkproduknya
ke luar negeri.
c. Ekspor kooperatif (cooperative export)
Kelompok pemasaran ekspor dibentuk oleh sekelompok usaha manufaktur
yang menginginkan masuk pasar ekspor, tetapi memiliki keterbatasan sumberdaya dan keterampilan untuk melakukannya sendiri.
Comments
Post a Comment