BAB VIII KEKUATAN FISIK DAN LINGKUNGAN

Lihat ke sebuah peta dunia seluas mungkin. Pada pandangan pertama,peta itu tampak seperti tumpukan garis garis,warna,dan nama-nama asing. Teruslah melihat dan mempelajarinya sehingga dengan menyebutkan suatu kota,negara atau sungai memungkinkan anda untuk bisa ditemukan dengan sefera di peta itu. Mereka yang menaruh perhatian terhadap pemasaran luar negeri harus sebagai dasar mengetahui geografi ekspor seperti mengetahui jalan-jalan di sekitar rumah mereka” ( Henry deschampneufs,selling overseas)

Mengapa Swiss membuat Jam

Untuk memahami mengapa demikian pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:
  1.  Sebagian besar daerah datar
  2. Swiss dekat dengan dataran rendah yang berpenduduk padat di Eropa  Barat
  3. Transportasi melalui pergunungan untuk memasarkan barang-barang ini   relative mahal dan 
  4. Swiss secara praktis tidak memiliki sumber_sumber mineral.
Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan sumber_sumber bahan baku lokal dan biaya transportasi yang tinggi adalah dengan mengimpor barang baku dalam jumlah kecil, memberikan nilai tambah yang tinggi dan mengekspor produk jadi yang ringan.


Meskipun ruang lingkup geografi sangat luas, namun masih dimungkinkan untuk memilih beberapa elemen yang terutama signifikan bagi para pelaku bisnis:
(1) lokasi
(2) topografi
(3) iklim
(4) sumber daya alam

Lokasi

       Lokasi adalah penting karena merupakan faktor untuk menerangkan politik dan hubungan perdagangansebuah bangsa, banyak di antaranya yang secara langsung mempengaruhi operasi perusahaan.

Hubungan Politik

       Pada puncak perang dingin, lokasi Austria memungkinkan negeri itu menjadi jembatan politik antara bangsa-bangsa nonkomunis di Barat dengan bangsa-bangsa komunis di Timur.
       Karena perubahan-perubahan politik dan ekonomi akhir-akhir ini, baik yang terjadi di Eropa Barat maupun di Eropa Timur, Austria mengambil keuntungan dari lokasinya untuk :
(1) meningkatkan perdagangan dengan Eropa Timur
(2) menjadi perantara keuangan utama antara kedua kawasan dan
(3) memperkuat perananya sebagai kantor pusat regional bagi operasi bisnis internasional di Eropa Timur.

Hubungan Perdagangan

Kedekatan geografis sering kali merupakan alasan pokok terjadinya perdagangan di antara bangsa-bangsa.Kedekatan ke pasar juga merupakan sebab mengapa perjuangan jepang ke Association of South East Asian Nation Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) melebihi dua kali lipat dari penjualannya di AS maupun Eropa karena lebih dekat ke Jepang, Cina telah mengambil alih sebagian dari penjualan kedelai dan gandum yang sebelumnya di pasok oleh AS.

Topografi

Topografi merupakan fitur permukaan tanah dari suatu wilayah.
Perbedaan-perbedaan dalam topografi mungkin mengharuskan suatu produk untuk diubah.

Pegunungan dan Dataran Rendah

        Pegunungan merupakan hambatan yang cenderung memisahkan dan menghalangi pertukaran dan interaksi, sementara daerah yang rata (daratan dan plato) memudahkannya sejauh mana pegunungan berfungsi sebagai hambatan bergantung pada ketinggian,luas,panjang dan ketidakrataan daerahnya, serta apakah terdapat lembah yang dapat ditempuh.

Pegunungan membagi pasar

       Suatu masalah yang lebih besar bagi para pelaku bisnis ditimbulkan oleh bangsq-bangsa yang terbagi oleh jajaran pegunungan menjadi pasar-pasar regional yang lebih kecil, masing-masing dengan industri, iklim, budaya, dialek dan kadang-kadang bahkan bahasa masing-masing yang berbeda. Spanyol terdapat lima wilayah yang terpisah.
       Swiss adalah negara lain yang dipisahkan menjadi wilayah-wilayah yang berbeda oleh pegunungan . Cina lusinan dialek atau bahasa telah berkembang di desa-desa yang dipisahkan oleh pegunungan. Kolombia sama dengan Swiss dalam hal bahwa pegunungan memisahkan pasar-pasarnya.

Konsentrasi Penduduk

       Pegunungan-pegunungan juga menciptakan konsentrasi penduduk baik karena iklimnya lebih menyenangkan pada ketinggian yang lebih besar atau karena pegunungan merupakan hambatan bagi perpindahan penduduk.
       Jika Anda akan menempatkan peta populasi diatas peta topogrfi, maka area-area kosong di peta populasi umumnya bertepatan dengan area-area yang memiliki ketinggian yang lebih besar.

Gurun Pasir dan Hutan Tropis

Padang Pasir
       Lebih dari sepertiga permukaan bumi terdiri atas wilayah yang kering dan setengah kering, yang terletak baik di pantai-pantai di mana angin bertiup dari daratan, maupun di perdalaman di mana pegunungan atau jarak yang jauh menyebabkan angin kehilangan kelembapannya sebelum mencapai wilayah itu.

Australia
       Karena geografinya, penduduk Australia cendrung terpusat di (1) sepanjang wilayah pantai di dalam dan di sekitar ibukota negara bagian, yang juga merupakan pelabuhan laut utama dan (2) seperlima negara itu yang berada disebelah timur laut, di mana lebih dari separuh penduduknya tinggal. Ini membuat Australia menjadi salah satu negara penduduk kota yang tertinggi persentasenya di dunia. 85% dari total penduduk tinggal di kota-kota hanya di lampaui oleh sembilan negara lain.

Hutan Hujan Tropis

Tumbuhan-tumbuhan dapat merupakan hambatan yang efektif terhadap pembanguna ekonomi dan pemukiman manusia, terutama apabila digabungkan dengan iklim yang keras dan tanah yang gersang. Hal ini terjadi di hutan hujan tropis dunia yang terletak di lembah Amazon, Asia Tenggara dan Kongo. Kecuali di bagian-bagian tertentu di Asia Barat dan Jawa, kawasan ini merupakan daerah yang berpenduduk sedikit dan secara ekonomi tidak begitu berkembang.

Canadian Shield

Suatu daerah karang yang banyak menutupi separuh dari tanah kanada yang luas.
Para manajer mengetahui bahwa di negara-negara yang penduduknya lebih padat, biaya umtuk memasarkan prouk-produknya menjadi lebih murah, lebih banyak orang yang tersedia untuk di pekerjakan dan seterusnya.

Badan-Badan Air

Peta populasi dunia jelas memperlihatkan bahwa badan-badan air telah menarik lebih banyak orang dibandingkan dengan daerah-daerah yang jauh dari air. Daerah-daerah berpenduduk padat yang tidak bertepatan dengan sungai atau danau, pada umumnya terletak di dekat laut.

Jalan-Jalan Air di Darat

Jalan Air Rhine
Jalan-jalan Air yang lain
Tempat Tempat-keluar ke Laut
       Secara historis, jalan air yang dapat dilayari dengan hubungan ke samudera telah memungkinkan transportasi barang-barang dan manusia dengan biaya rendah, dari pantai suatu negara di suatu pedalaman dan bahkan sekarang merupakan satu-satunya jalan akses dari pantai-pantaidi berbagai negara berkembang.
Bolivia Menginginkan Jalan Keluar ke Laut
       Sebuah contoh luar biasa adalah perjuangan Bolivia selama ratusan tahun untuk memperoleh kembali dari Cile, jalan keluar ke samudera Pasifik yang lepas dalam suatu serangan pada tahun 1879.

Koridor Ekspor Bolivia

Pada akhir tahun 1996, Bolivia meresmikan hubungan jalan aspalnya yang pertama ke Samudera Pasifik, sebuah jalan bebas hambatan sepanjang 192 km ke perbatasan Bolivia-Cile. Jalan ini merupakan bagian akhir dari “Koridor Ekspor” Bolivia sepanjang 1.000 km, yang telah membuka pasar-pasar Asia bagi para petani Bolivia dan Brasil, yang demikian menciptakan kompetisi baru bagi para petani AS.

IKLIM

Kondisi-kondisi metereologis termasuk suhu udara, hujan/salju dan angin yang terdapat di suatu wilayah.Iklim mungkin merupakan elemen kekuatan fisik yang paling penting karena iklim, lebih dari faktorlain manapun, menetapkan batas-batas mengenai apa yang dapat dilakukan oleh manusia, baik secara fisik maupun ekonomi. Di mana iklimnya keras, di situ terdapat sedikit pemukiman penduduk, tetapi di mana iklimnya memungkinkan, pada umumnya terdapat kelompok-kelompok penduduk yang besar.
Iklim dam Pembangunan
       Para agen pemasaran tidak harus tertipu oleh alasan etnosentris ini, yang gagal menjelaskan perbedaan dalam tingkat teknologi yang digunakan pada tahun 1600-an oleh penduduk di timur laut dari AS dan penduduk di utara eropa jelas ada factor-faktor lain yang terlibat seperti revolisi industri, besarnya populasi dan lokasi.
Implikasi Iklim bagi Para Pelaku Bisnis
       Barang-barang yang membusuk pada kelembapan yang tinggi memerlukan kemasan khusus dan lebih mahal, mesin-mesin yang beroperasi dalam kondisi berdebu memerlukan perlindungan khusus terhadap debu dan seterusnya.

Sumber Daya Alam

Dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang diberikan oleh alam tempat manusia bergantung.

Energi

Minyak Bumi
Sumber Konvensional
Menurut beberapa analis, dunia sedang menuju pada kondisi kehabisan minyak, tetapi menurut sumber-sumber lain terdapat beberapa cadangan yang dapat bertahan sampai 50 tahun mendatang pada tingkat konsumsi sekarang ini.

Sumber Inkonvensional
Berbagai sumber inkonvensional dari minyak sintetis diantaranya adalah (1) pasir minyak (2) serpihan batu yang mengandung minyak (3) batu bara (4) gas alam sebagaimana diketahui, dua sumber yang terakhir juga digunakan tanpa konversi ke minyak sintetis untuk menghasilkan energi.

Sumber-Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Hampir semua orang di dalam industry energy percaya bahwa pada suatu hari sumber energi yang dapat diperbarui akan menggantikan bahan bakar fosil.Sekurang-kurangnya ada 8 jenis: hidroelektrik, matahari, angin, panas bumi, gelombang, arus pasang, biomass, dan konversi energi termal lautan.

Mineral Nonbahan Bakar

Sumber mineral lain yang dikhawatirkan oleh banyak pemerintah dan industry. Hampir semua krom, mangan, platina dan vanadium dunia, diproduksi di Afrika Selatan dan bekas Uni Soviet.

Perubahan-perubahan Membuat Pemantauan Diperlukan

Sumber-sumber Mineral

Sejalan dengan itu terdpat penemuan-penemuan penting yang akan mengurangi kebutuhan akan mineral-mineral tersebut. Plastik yang diperkuat telah mengurangi ketergantungan pada campuran logam yang memerlukan kobalt dan mangan impor misalnya penemuan-penemuan yang paling menarik adalah sel bahan baklar, yang pertama kali NASA dalam kapsul ruang angkasa dan secara kimia mengubah bahan bakar secara langsung menjadi listrik tanpa harus membakarnya.

Kekuatan Fisik Lain yang Sedang Berubah

       Sumber-sumber mineral bukanlah satu-satunya kekuatan fisik yang berubah.modifikasi infrastruktur yang paling penting bagi para pelaku bisnis, sedang dilakukan secara konstan misalnya, pemukiman baru dan industry barutertarik ke daerah-daerah di mana telah dibangun bendungan untuk mengendalikan banjirdan menyediakan tenaga serta irigasi.
       Infrastruktur baru juga bertanggung jawab atas pembangunan ekonomi di negara-negara maju.

Penghancur Sumber Daya Alam

1) Malapetaka Bhopal digambarkan sebagai malapetaka industry terburuk didunia.
2) Malapetaka Chernobyl
3) Tumpahan minyak alaska

Comments

Popular posts from this blog

LINGKUNGAN DOMESTIK, ASING DAN INTERNASIONAL

STRATEGI HARGA INTERNASIONAL/GLOBAL

MANAJEMEN SDM INTERNASIONAL