EKSPORT, IMPORT DAN IMBAL DAGANG
Harapan besar dari pengeksporan adalah peluang pendapatan besar dan
keuntungan dapat ditemukan di pasar asing untuk kebanyakan perusahaan di
sebagian besar industry. Pasar internasional biasanya jauh lebih besar daripada
pasar domestic perusahaan-perusahaan tersebut sehingga pengeksporan hamper
selalu menjadi cara untuk meningkatkan pendapatan dan basis keuntungan
perushaan. Dengan memperluas ukuran pasar , pengeksporan dapat memungkinkan
perusahaan untuk mencapai ekonomi skala sehingga menurunkan biaya per unitnya.
Perusahaan yang tidak melakukan ekspor sering kalah dalam menangkap peluang
yang signifikan bagi pertumbuhan dan pengurangan biaya.
Penelitian telah menunjukkan bahwa sementara banyak perusahaan
besar cenderung proaktif untuk mencari peluang menguntungkan dalam pengeksporan,
memindai pasar asing secara sistematis untuk melihat di mana terhampar peluang
untuk memanfaatkan teknologi, produk, dan ketrampilan pemasaran asing mereka,
banyak perusahaan menengah dan kecil yang sangat reaktif. Biasanya perusahaan
reaktif semacam itu bahkan tidak mempertimbangkan untuk pengeksporan sampai
pasar domestic mereka jenuh dan munculnya kelebihan kapasitas produksi di dalam
negri yang memaksa mereka untuk mencari peluang pertumbuhan di pasar asing.
Selain itu banyak perusahaan menengah dan kecil cenderung menunggu dunia untuk
dating kepada mereka, daripada pergi ke luar dunia untuk mencari peluang.
Banyak eksportir pemula mengalami masalah yang signifikan ketika
pertama kali mencoba untuk melakukan bisnis di luar negri dan hal ini menyurutkan
mereka dalam usaha pengeksporan pada masa depan. Perangkap umum meliputi
lemahnya analisis pasar, pemahaman yang buruk tentang kondisi kompetitif di
pasar asing, kegagalan untuk menyesuaikan penawaran produk dengan kebutuhan
pelanggan asing, kurangnya kontribusi yang efektif, kampanye promosi yang
buruk.
MENINGKATKAN KINERJA EKSPOR
eksportir yang belum berpengalaman memiliki sejumlah cara untuk
mendapatkan informasi tentang peluang pasar asing dan menghindari perangkap
umum yang cenderung mencegah dan menggagalkan eksportir pemula.
Perbandingan Internasional
Salah
satu hambatan besar untuk pengeksporan adalah kurangnya pengetahuan tentang
peluang yang tersedia. Sering kali ada banyak pasar untuk produk perusahaan,
tetapi karena mereka berada di negara-negara yang terpisah dari kantor pusat
perusahaan oleh budaya, bahasa, jarak dan waktu , perusahaan tidak
mengetahuinya. Mengidentifikasi peluang ekspor menjadi lebih kompleks karena
lebih dari 200 negara dengan budaya yang sangat berbeda membentuk peluang
potensial dunia. Dihadapkan dengan kompleksitas dan keragaman, perusahaan
kadang ragu-ragu untuk mencari peluang ekspor.
Perusahaan
jerman dan jepang dapat menampung banyak pengalaman, keterampilan, informasi
dan sumber day alai n dari lembaga yang berorientasi ekspor. Tidak seperti
pesaing jerman dan jepang, banyak perusahaan AS relative buta ketika mereka
mencari peluang ekspor, mereka kalah dalam hal informasi. Pada akhirnya, ini
mencerminkan perbedaan sejarah baik jerman maupun jepang telah lama berprofesi
sebagai negara perdagangan, sedangkan amerika serikat, hingga baru-baru ini
adalah benua dengan ekonomi yang relative mandiri dimana perdagangan
internasional memainkan peran kecil.
Sumber
Informasi
Banyak
negara tetap aktif di organisasi pemerintahan atau komisi perdagangan, yang
tujuannya adalah untuk mempromosikan ekspor. Sebagian besar memberikan
konseling bisnis, pengumpulan informasi, bantuan teknis dan pembiayaan. Selain
itu, konfederasi bisnis dan koalisi industry mendirikan pusat dan organisasi
yang membantu anggota mereka mengekspor barang dan jasa mereka
MEMANFAATKAN PERUSAHAAN MANAJEMEN EKSPOR
Salah satu cara eksportir pemula untuk mengidentifikasi peluang
yang terkait dengan ekspor dan untuk menghindari banyak perangkap adalah dengan
menyewa sebuah perusahaan manajemen
ekspor (eksport management company-EMC). EMC adalah spesialis ekspor yang
bertindak sebagai departemen pemasaran
ekspor atau departemen internasional untuk [erusahaan klien mereka. EMC
biasanya menerima dua jenis tugas ekspor. Mereka memulai operasi ekspor untuk
sebuah perusahaan dengan pengertian bahwa perusahaan akan mengambil alih
operasi setelah mereka mapan. Dalam jenis layanan lain, EMC melakukan pembukaan
(start-up) layanan dengan pemahaman bahwa EMC akan bertanggung jawab yang
berkelanjutan untuk menjual produk perusahaan.
PEMBIAYAAN EKSPOR DAN IMPOR
Mekanisme untuk pendanaan exspor dan impor telah berkembang selama
berabad abadsebagai respon terhadap suatu problematika yang khususnya dapat
menjadi gawat dalam perdagangan international , kuranganya kepercayaan yang
timbul ketika seseorang harus yakin kepada seseorang yang yakin dalam dirinya .
dalam hal ini kita mengulas perangkat keuangan yang telah berkembang untuk
mengatasi permasalahan tersebut dalam konteks perdagangan internasional: letter of credit ,wesel ( draft atau billof exchange ) , dan konsumen ( bill of lading) lalu , kita akan menelusuri 14 langkah transaksi
ekspor impor yang khas.
KURANGNYA KEPERCAYAAN
Perusahaan perusahaan yang bergerak dalam perdagangan internasional
harus mempercayai seseorang yang mungkin belum pernah mereka temui , tinggal di
negara lain , berbicara dengan bahasa asing yang terkait (atau tidak terkait)
dengan sistem hukum yang berbeda dan sulit untuk dilacak bila orang tersebut
gagal dalam memenuhi kewajibannya dalam suatu perjanjian.pertimbangan contoh
sebuah perusahaan AS melakukan ekspor dengan distributor di prancis . eksportis
AS mungkin risau jika mengirim produknya kee prancis sebelum ia menerima
pembayaran . Importir prancis mungkin saja menerima kiriman produk tersebut
tetapi tidak membayar . Sebaliknya, importir Prancis mungkin Khawatir jika ia
melakukan pembayaran untuk produk tersebut sebelum dikirimkan, eksportir AS
bisa saja menerima pembayaran, tetapi tidak mengirimkan produk tersebut atau
mengirimkan produk yang cacat. Sudah seharusnya, pihak yang terlibat dalam
perdagangan saling mempercayai satu sama lain. Kurangnya kepercayaan ini
semakin buruk seiring dnegan meningkatnya jarak diantara kedua belah
pihak-dalam ruang , bahasa dan kultur – dan oleh berbagai masalah dalam
menggunakan sistem hukum internasional yang belum dikembangkan untuk menegakkan
kewajiban berdasarkan pada suatu perjanjian.
Oleh karena kurangnya kepercayaan diantara kedua belah pihak yang
terlibat dalam perdagangan internasional , masing-masing pihak mempunyai
preferensi tentang bagaimana transaksi dapat dilakukan . Untuk memastikan
produknya dibayar, manajer perusahaan AS akan lebih menyukai jika ditributor
Prancis melakukan pembayaran sebelum produk dikirmkan. Sebaliknya untuk
mematikan bahwa produk dikirmkan distributor Prancis kan lebih menyukai untuk melakukan
pembayaran setelah menerima kiriman produk. Jadi, setiap pihak memiliki
serangkaian preferensi yang berbeda satu sama lain. Tanpa adanya suatu cara
untuk menumbuhkan kepercayaan di antara kedua pihak, tranksasi tidak akan akan
terjadi.
Menggunakan pihak ketiga yang dipercaya oleh keduanya- biasanya
bank mempunyai reputasi-untuk bertindak sebagai perantara dalam memecahkan
masalah. Pertama, importir Prancis memperoleh janji bank untuk membayar atas
namanya,mengetahui eksportir AS akan mempercayai bank. Janji ini dekenal
sebagai letter of credit (L/C). Setelah mencermati letter of credit, eksportir
AS kini mengirim produknya ke Prancis. Sertifikat produk diberikan ke bank
dalam bentuk dokumen yang disebut wesel (bill of lading) . Sebagai imbalannya, eksportir
AS meminta bank untk membayar produknya, yang dilakukan oleh bank. Dokumen
untuk produk itu, sekarang memberikan sertifikat tersebut ke importir Prancis , yang dipercayai oleh bank. Pada saat itu atau
setelahnya, bergantung kesepakatan mereka, importir mengganti pembayaran ke
bank.
Gambar 1. Preferensi
Eksportir AS
Gambar 2. Preferensi
Importir Prancis
Letter Of
Credit
Letter
of Credit menyatakan bahwa bank akan membayar sejumlah tertentu uang kepada
penerima,biasanya eksportir,dalam pemberian dokumen yang khusus dan
terspesifikasi.
Contoh
dari eksportir AS dan importir Prancis,importir prancis mengajukan ke bank
lokalnya ,sebut saja Bank of Paris ,untuk penerbitan letter of credit.Bank
Paris kemudian melakukan pemeriksaan kredit importir. Jika Bank of Paris puas
dengan kreditnya ,mereka akan mengeluarkan letter of credit . Namun Bank of
Paris mungkin memerlukan setoran tunai atau bentuk lain sebagai jaminan
pertamanya. Selain itu, Bank of Paris akan menagih importir atas biaya untuk
layanan ini. Biasanya biaya yang diperlukan berjumlah antara 0,5 persen dan 2
persendari nilai letter of credit , bergantung pada kredit importir dan ukuran
transaksi.(sebagai aturan , semakin besar transaksi , semakin rendah
persentase).
Amsusikan Bank of Paris puas dengan
kredit importir Prancis dan stuju untuk mengeluarkan letter of credit . Surat
itu menyatakan bahwa Bank of Paris akan membayar eksportir AS untuk barang
dagangan asalkan dikirim sesuai dengan instruksi dan persyaratan yang
ditetapkan. Pada titik ini, letter of credit menjadi kontrak keuangan antara
Bank of Paris dan eksportir AS. Bank of Paris kemudian, mengirimkan letter of
credit kepada bank eksportir AS, sebut saja, Bank of New York. Bank of New York
mengatakan kepada eksportir bahwa mereka telah menerima letter of credit letter
of credit dan bahwa mereka bisa
mengirimkan mengirimkan barangnya. Setelah eksportir mengirimkan barang
dagangannya,ia menarik draft dari Bank of Paris sesuai dengan ketentuan letter
of credit,melampirkan dokumen yang diperlukan, dan menyajikan draft ke bank
mereka sendiri , Bank of New York ,untuk pembayaran. Bank of New York kemudian
meneruskan letter of credit dan dokumen terkait kepada Bank of Paris. Jika
semua persyaratan dan kondisi yang terdapat dalam letter of credit telah
dipenuhi, Bank of Paris akan menindaklanjuti draft dan akan mengirimkkan
pembayaran kepada Bank of New York. Ketika Bank of New York telah menerima dana
tersebut , mereka akan mebayar eskportir AS. Adapun Bank of Paris, setelah mereka menstransfer dana kepada Bank
of New York , ia akan menagih pembayaran dari importir Prancis . Atau , Bank of
Paris dapat memberikan beberapa waktu pada importir untuk menjual barang
dagangan sebelum menagih pembayaran. Ini bukannya tidak biasa, terutama ketika
importir adlah distributor,bukan konsumen akhir barang dagangan karena kegiatan
ini membantu arus kas importir. Bank of Paris akan menganggap perpanjangan
periode pembayaran semacam ini sebagai pinjamna kepada importir dan akan
mengenakan tingkat bunga yang sesuai. Keuntungan besar dari sistem ini
adalah bahwa, baik importir Prancis mapun eskportir AS cenderung memercayai
bank terkemuka, bahkan jika mereka tidak percaya satu sama lain. Setelah
eksportir AS telah melihat letter of credit, ia tahu bahwa ia dijamin akan
dibayar dan akan mengirimkan barang. Demikian juga, eksportir mungkin menemukan
bahwa memiliki letter of credit akan memudahkan memperoleh pembiayaan ekspor.
Misalnya, setelah melihat letter of credit , Bank of New York mungkin bersedia
untuk meminjamkan dana pada eksportir untuk memproses dan mempersiapkan barang
untuk pengiriman ke Prancis. Pinjaman ini mungkin tidak harus dibayar sampai
eksportir telah menerima pembayaran
untuk barang dagangannya. Adapun importir Prancis , dia tidak harus
membayar untuk barang tersebut sampai dokumen telah tiba dan stidaknya semua
ketentuan yang tercantum dalam letter of credit telah dipenuhi. Kelemahan bagi
importir adalah biaya yang harus
dibayarkan ke Bank of Paris untuk letter of credit. Selain itu, karena letter
of credit merupakan sebuah liabilitas keuangan baginya,hal itu mungkin
mengurangi kemampuannya meminjam dana untuk tujuan lain.
Gambar 3. Jasa Dari
Pihak Ketiga
Draf
Draf (draft) hanyalah sebuah
perintah tertulis oleh eksportir menginstruksikan importir,atau agen importir,
untuk membayar sejumlah tertentu uang pada waktu tertentu. Dalam contoh
eksportir AS dan importir Prancis,eksportir menulis rancangan yang
menginstruksikan Bank of Paris ,agen importir Prancis, untuk membayar barang
yang dikirim ke Prancis. Seseorang atau bisnis yang memulai rancangan ini
disebut sebagai pembuat (dalam hal ini, eksportir AS).Pihak kepada siapa draf
disajikan disebut sebagai drawee( penarik-dalam hal ini, Bank of Paris).
Praktik internasional menggunakan draf
untuk menyelesaikan transaksi perdagangan. Hal ini berbeda dari praktik dalam
negeri di mana penjual biasanya mengirim barang pada akun terbuka,diikuti
dengan faktor komersial yang menentukan jumlah yang jatuh tempo dan ketentuan
pembayaran. Dalam transaksi domestik , pembeli sering dapat memperoleh
kepemilikan barang dagangan tanpa menandatangani dokumen resmi yang mengakui
kewajibannya untuk membayar. Sebaliknya , karena kurangnya kepercayaan dalam
transaksi internasional,pembayaran atau janji formal untuk membayar diperlukan
sebelum pembeli dapat memperoleh barang dagangan.
Draf dibagi dalam dua kategori,
sight draft dan time draft . Sebuah sight draft (wesel bank atas unjuk) dapat
dicairkan ke penarik saat sudah disampaikan. Sebah time draft (wesel berjangka)
memungkinkan untuk keterlambatan pembayaran-biasanya 30,60,90 atau 120 hari.
Hal ini disampaikan kepada penarik, yang menandakan penerimaan dengan menulis
atau memberi stempel pada draf. Setelah diterima, rancangan waktu menjadi janji
untuk membayar bagi pihak penerima. Ketika bank menerima mengatur konsep waktu,
itu disebut banker’s acceptance. Ketika sebuah perusahaan bisnis menrimanya dan
mengacu padanya , itu disebut trade acceptance.
Time draft adalah surat berharga
yang dinegosiasikan ; yaitu , setelah draft tersebut dicap oleh penerima,
pembuat dapat menjual draft ke investor dnegan diskon dari nilai
nominalnya.Bayangkan bahwa kesepakatan antara eksportir AS dan importir Prancis
membuat eksportir harus menyajikan kepada Bank of Paris (melalui Bank of New
York) dengan konsep waktu pembayaran selama 120 hari setelah presentasi. Bank
of Paris menyetujui draf waktu dengan penerimaan. Bayangkan lebih lanjut bahwa
wesel tersebut seharga $100.00 0. Eskportir dapat memegang draft waktu yang
diterima dan menerima $ 100.000 dalam 120 hari atau dia bisa menjualnya kepada
investor , misalkan saja Bank of New York , dengan harga diskon dari nilai
nominal . Jika tingkat diskonto yang berlaku adalah 7 persen , eksportir dapat
menerima $97.700 dengan menjual segera ( tingkat diskonto 7 persen pertahun
untuk 120 hari seharga $100.000 sama dengan $2.300 dan $100.000 -$2.300
=$97.700). The Bank of New York kemudian akan mengumpulkan sejumlah genap
$100.000 dari Bank of Paris pada hari ke 120. Eksportir mungkin menjual draf
waktu yang diterima dengan segera jika ia membutuhkan dana untuk membiayai
barang dalam transit dan/atau untuk menutup kekurangan arus kas.
Dokumen
kunci ketiga untuk pembiayaan perdagangan internasional adalah konosemen. Kurir
umum mengangkut barang dagangan yang disebutkan dalam konosemen (bill of
lading) kepada eksportir. Konosemen melayani tiga tujuan : itu adalah sebuah
tanda terima.,kontrak, dan dokumen kepemilikan. Sebagai tanda terima,konosemen
menunjukkan bahwa kurir wajib menyediakan layanan transportasi dengan imbalan
biaya tertentu . Sebagai dokumen kepemilikan, konosemen dapat digunakan untuk
memperoleh pembayaran atau janji tertulis pembayaran sebelum barang tersebut
dilepas ke importir. Konosemen juga dapat berfungsi sebagai terhadap yang dana
mana yang dapat diajukan ke eksportir oleh bank lokal sebelum atau selama pengiriman dan sebelum pembayaran akhir
importir.
SEBUAH TRANSAKSI KHAS PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Sekarang
kita telah meninjau unsur unsur dari transaksi perdagangan internasional , mari
kita lihat bagaimana proses bekerja dalam kasus yang khas ,tetapi dengan contoh
eksportir AS dan importir prancis . transaksi khas melibatkan 14 langkah
- Importir perancis melakukan pesanan ke eksportir AS dan bertanya eksportirapakah dia bersedia mengirimkan barang di bawah letter of credit
- Para eksportir AS setuju untuk mengirim barang di bawah letter of credit an menentukan informasi yang relevan seperti harga dan persyaratan pengiriman.
- Importir prancis mengajukan proposal ke Bank of Paris untuk letter of credit yang akan diterbitkan atas nama eksportir AS untuk barang yang ingin dibeli importir
- Bank of paris mengeluarkan letter of credit atas nama importer prancis dan mengirimkannya ke bank eksportir AS Bank of New York .
- Bank of New York menyarankan eksportir untuk pembukaan letter of credit atas namanya .
- Eksportir AS mengirim barang ke importir prancis melalui kurir umum . seorang petugas kurir memberikan konosemen kepada eksportir .
- Para eksportir AS menyajikan draft berjangka 90 hari untuk menarik dana dari Bank of paris sesuai dengan letter of credit dan konosemen ke Bank of New York .eksportir menguasakan konosemen sehingga kepemilikan barang dialihkan ke Bank of New York.
- Bank of New York mengirimkan draft dan konosemen kepada Bank of Paris. Bank of Paris menerima draft , mengambil alih kepemilikan dokumen dan menjanjikan untuk membayar draft yang di terima dalam 90 hari.
- Bank of Paris mengembalikan draft diterima kepada Bank of New York.
- Bank of New York mengatakan kepada eksportir AS bahwa mereka telah menerima draft yang telah di setujui oleh Bank , yang dapat di cairkan dalam 90 hari.
- Eksportir menjual draft kepada bank of new york dengan harga diskon dari nilai nominal dan menerima nilai uang tunai seharga diskon dalam draft sebagai imbalan.
- Bank of Paris memberitahu kepada importir perancis tentang kedatangan dokumen .dia setuju untuk membayar Bank of Paris dalam waktu 90 hari . Bank of Paris merilis dokumen sehingga importir dapat mengambil alih pengiriman .
- Dalam 90 hari Bank of paris menerima bayaran dari importir sehingga memiliki dana untuk membayar draft yang jatuh tempo.
Gambar 4. Transaksi
Perdagangan Internasional
Imbal dagang merupakan sarana alternative penataan penjualan
internasonal ketika cara konvensional pembayaran menjadi sulit, mahal, atau
tidaktersedia.Imbal dagang membahas tentang konvertibilitas mata uang. Suatu
pemerintah dapat membatasi konvertibilitas mata uangnya untuk menjaga cadangan
devisa yang digunakan untuk melayani komitmen utang internasonal dan membayar
impor yang penting. Hal ini bermasalah bagi eksportir ketiadaan konvertabilitas
menyiratkan bahwa eksportir mungkin tidak dibayar dalam mata uang yang tidak dapat dikonversi. Imbal dagang
adalah solusi umum pada perdagangan imbal beli melambangkan keseluruhan
rangkaian perjanjian serupa barter. Prinsipnya adalah memperdagangkan barang
dan jasa unutk barang dan jasa lain ketika mereka tidak dapat diperdagangkan
untuk uang.
TERJADINYA
IMBAL DAGANG
Pada era modern, imbal dagang muncul pada 1960 sebagai cara Uni
Soviet dan negara-negara komunis di Eropa Timur, yang mata uangnya umumnya
tidak dapat dikonversi, untuk membiyai impor. Selama 1980, teknik ini tumbuh
dalam popularitas di kalangan banyak Negara berkembang dan kurangnya cadangan
devisa yang dibutuhkan untuk membeli impor yang diperlukan. Hal ini
mencerminkan kurangnya cadangan devisa mereka, beberapa penerus menyatakan
bekasUni Soviet dannegara-negara komunis Eropa Timur secara berskala
terlibatdalam imbaldagang untuk membiayai impor mereka.
Perkiran presentase perdagangan
dunia yang ditutupi oleh kesepakatan imbal dagang semcam ini berkisar antara 8
dan 9 persen utnuk nilai tinggi keposisi rendah sekitar 2 persen. Angka
pastinya tidak diketahui, tetapi mungkin juga berada di ujung rendah dari
perkiraan yang diberikan untuk meningkatnya likuditas pasar keuangan
internasonal dan konvertabilitas mata uang yang lebih luas. Namun, lonjakan jangka
pendek dalam volume imbal dagang dapat mengikuti krisis keuangan berkala.
Mengingat imbal dagang adalah sarana
pembiayaan perdagangan internasonal, meskipun salah satu orang relative kecil,
calon eksportir mungkin harus terlibatdalam teknik ini dari waktu ke waktu
untuk mendapatkan akses kepasar internasonal tertentu, pemerintah negara-negara
berkembang terkadang bersikeras pada sejumlah imbal dagang.
JENIS IMBAL
DAGANG
Barter:
Barter adalah Pertukaran barang atau jasa secara langsung antara 2
pihak dalam sebuah transaksi dengan
barang lain atau jasa tanpa menggunakan transaksi
uang tunai. Misalnya, pemerintah Malaysia membeli 20 lokomotif
disel elktrik dari General Electric. Pejabat pemerintah mengatakan bahwan GE
akan dibayar dengan minyak kelapa sawit yang akan disuplai oleh perusahaan
penyedia minyak kelapa sawit.Perusahaan akan menyediakan sekitar 200.000 ton
metrik minyak kelapa sawit selama periode 30 bulan. Ini merupakan kali pertama
GE melakukan barter untuk memperoleh minyak kelapa sawit dan produk kelapa
sawit, walaupun divisi Perdagangan GE memiliki beberapa perjanjian countertrade
lainnya di seluruh dunia. Tidak ada uang yang dipindahtangakan , dan tidak ada
pihak ketiga yang terlibat. Tentu saja, dalam sebuah transaksi penjual harus dapat
melepaskan produk pada harga bersih yang setara dengan ekspektasi harga reguler
, yaitu pada transaksi uang tunai.
Barter dapat pula digunakan untuk mengurangi utang suatu negara.
Untuk menghemat nilai tukar yang dimiliki , Pemerintah Filiphina menawarkan
berkaleng-kaleng tuna bagi sebagian kreditor sebagai alat pembayaran utang
sebesar $4miliar. Bila tuna tidak cukup , pemerintah akan menawarkan minyak
kelapa,ekstrak ganggang laut, ekkstrak ganggang merah, dan sebagainya.
Duta Besar RI untuk Venezuela Moch. Luthfie Witto'eng mengatakan
bahwa kerja sama di bidang perdagangan antara Indonesia dan Venezuela -di
tengah kesulitan ekonomi yang melanda negara Amerika Latin itu- tetap dapat
ditingkatkan dengan cara barter. Indonesia bisa memanfaatkan kondisi harga
minyak yang murah dan meningkatkan perdagangan dengan Venezuela dengan cara
menawarkan barter antara produk-produk lokal dari Indonesia dengan minyak dari
Venezuela.menawarkan produk peralatan militer Indonesia dan promosi pariwisata
Indonesia kepada masyarakat menengah di Venezuela
Counterpurchase
Perjanjian pembelian timbal balik.Hal ini terjadi,ketika perusahaan
setuju untuk membeli sejumlah bahan kembali dari negara yang membuat penjualan.Misalnya,
sebuah perusahaan U.S menjual beberapa
produk ke China. China membayar kepada perusahaan U.S dalam dollar, tetapi
dalam pertukarannya,perusahaan U.S menyetujui untuk membelanjakan pendapatan
dari penjualan pada produk tekstil China.
Ekspor Indonesia ke Jepang pada periode Januari 2015 tercatat
sebesar US$ 1,75 miliar. Jumlah ini turun sebesar 9,63 persen dibandingkan
periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 1,93 miliar. Sementara itu,
impor Indonesia dari Jepang pada periode Januari 2015 tercatat sebesar US$ 1,17
atau turun 20,56 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang
mencapai US$ 1,48 miliar.Komoditas ekspor andalan Indonesia ke Jepang adalah
karet alam, peralatan elektronik, bijih logam, dan produk kayu. Sedangkan,
komoditas impor Indonesia dari Jepang adalah mesin industri, kendaraan
bermotor, besi dan baja, serta peralatan elektronik.
Offset
Offset Trade adalah Perjanjian bahwa perusahaan akan mengimbangi
mata uang keras dijual ke negara dengan melakukan pembelian mata uang keras
dari tidak ditentukan dari produk bangsa di masa depan. Misalnya ,Lockheed
Martin Corporation masuk ke dalam perdagangan penyeimbang dan bertransaksi
dengan Uni Emirat Arab (UEA) sejumlah $6,4 miliar, yang digunakan untuk membeli
80 pesawat tempur F-16 Desert Falcons. Lockheed setuju untuk melakukan
investasi uang tunai sejumlah $160 juta dalam bentuk pipa gas yang dibangun
mulai dari Qatar , terus ke proyek industri di UEA hingga Pakistan . UEA
meminta agar sebagian hasil dari penjualan senjata diinvestasikan kembali pada
UEA. Permintaan demikian merupakan hal yang biasa dalam perjanjian
persenjataan, dimana penjual membangun fasilitas mulai dari hotel hingga pabrik
sesuai permintaan pembeli.
Alih dagang
Mengacu pada penggunaan lembaga dagang terspesialisasi sebagai
pihak ketiga dalam kesepakatan imbal dagang.Ketika perusahaan memasuki
kesepakatan imbal dagangatau alih dagang dengan suatu negara, sering berakhir
dengan apa yang disebut kredit imbal dagang, yang dapat digunakan untuk membeli
barang dari negara itu.Alih dagang terjadi ketika lembaga dagang pihak ketiga
membeli kredit imbal dagang dari perusahaan dan menjualnya ke perusahaan lain
yang dapat menggunakannya lebih baik.
Misalnya Polandia dan Yunani
telah menyetujui imbal dagang Polandia dengan membeli U.S Dollar untuk nilai
barang dari Yunani yang terjual di Yunani.Bagaimanapun juga, Polandia tidak
dapat menemukan kecukupan Barang dari Yunani yang dikehendaki. Jadi untuk
menyelesaikannya dengan dollar menyeimbangkan
counterpurchase di Yunani,Yunani tidak berkemauan mengunnakan dollar tersebut.
Pembelian pengalihan dagang sebenarnya
adalah 250,000 counterpurchase dollar dari polandia sebesar $225,000 dan
menjualnya ke Pedagang eropa (anggur)
sebesar $235.000,yang digunakan untk pembelanjaan dari Yunani.
Pembelian
Kembali
Terjadi ketika perusahaan membangun pabrik di suatu negara atau
memasok teknologi, peralatan,pelatihan atau jasa lainnya ke sebuah negara- dan
setuju untuk mengambil persentase tertentu dari hasil pabrik sebagai bagian
pembayaran pada kontrak. Misalnya Occidental Petroleum menegosiasikan
kesepakatan dengan Rusia dimana Occidental akan membangun beberapa pabrik
amonia di Rusia dan sebagai bagian pembayaran, Occidental menerima amonia
selama periode 20 tahun
KEUNTUNGAN
DAN KERUGIAN IMBAL DAGANG
Daya tarik utama imbal dagang adalah bahwa hal itu dapat memberikan
perusahaan cara untuk membiayai
kesepakatan ekspor ketika cara lain tidak tersedia. Bahkan ketika imbal dagang
bukanlah satu-satunya pilihan untuk menata sebuah transaksi ekspor,banyak
negara lebih memilih imbal dagang , perusahaan mungkin kehilangan kesempatan
ekspor ke pesaing yang bersedia untuk membuat kesepakatan imbal dagang.
Selain itu
pemerintah suatu negara yang menerima ekspor barang atau jasa dari perusahaan
mungkin memerlukan kesepakatan imbal dagang. Boeng harus menyetujui kesepakatan
imbal dagang untuk menangkap pesanan pesawat jet komersial. Misalkan, sebagai
ganti dalam memperoleh pesanan dari Air India, Boeng mungkin diharuskan untuk
membeli komponen tertentu seperti pintu pesawat,dari sebuah perusahaan India.
Mengambil satu langkah lebih lanjut, Boeng dapat menggunakan kesediaannya untuk
masuk ke dalam kesepakatan imbal dagang sebagai cara untuk memenangkan pesanan
menghadapi persaingan ketat dari pesaing globalnya, Airbus industri . Dengan
demikian, imbal dagang bisa menjadi senjata pemasaran strategis.
Namun, ada
kelemahan besar dari model imbal dagang. Selain harus setara, perusahaan
memilih untuk dibayar dalam mata uang keras/kuat(hard currency). Kontrak imbal
dagang mungkin melibatkan pertukaran barang yang tidak dapat digunakan atau
berkualitas buruk yang tidak menguntungkan perusahaan . Selain itu, bahkan jika
barang yang diterimanya berkualitas tinggi , perusahaan masih perlu untuk
membuatnya menjadi menguntungkan. Untuk melakukan hal ini, imbal dagang
mensyaratkan perusahaan untuk berinvestasi dalam departemen perdagangan lokal
yang didedikasikan untuk mengatur dan mengelola perjanjian imbal dagang yang
memakan banyak waktu dan juga bersifat mahal.
Mengingat
kelemahan ini, imbal dagang menjadi paling menarik bagi perusahaan
multinasional yang besar dan beragam yang dapat menggunakan jaringan kontaknya
di seluruh dunia untuk mengatur barang-barang yang diperoleh dalam imbal
dagang. Jagoan dalam bidang imbal dagang adalah perusahaan raksasa Jepang ,
sogo shosha, yang menggunakan jaringan luas perusahaan afiliasi mereka untuk
mengatur barang yang diperoleh melalui kesepakatan imbal dagang . Perusahaan
dagang Mitsui& Company , misalnya, memiliki sekitar 120 perusahaan afiliasi
di hampir setiap indutri manufakturing dan jasa. Jika salah satu afiliasi
Mitsui & Company menerima barang dalam kesepakatan imbal dagang yang tidak
bisa digunakan olehnya, Mitsui & Company biasanya akan dapat menemukan
afiliasi lain yang dapat membuat barang-barang tersebut menguntungkan.
DAFTAR PUSTAKA
Hill, Charle.2014.Bisnis Internasional Persepektif Asia.
Salemba Empat:Jakarta Selatan
Metrotvnews,http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/04/21/517263/barter-bisa-tingkatkan-perdagangan-indonesia-venezuela
Idris, Muhammad.Jepang dan RI Kerja Sama Ekspor-Impor
Perdagangan.
Selasa,08 November 2016
http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3191564/jepang-dan-ri-kerja-sama-ekspor-impor-perdagangan
Cateora,Philip.2007.Pemasaran Internasional.Salemba
Empat:Jakarta Selatan
Comments
Post a Comment