KEBIJAKAN GARANSI DAN PELAYANAN

Garansi adalah janji penjual bahwa sesuatu produk akan berfungsi seperti yang diharapkan. Dalam pemasaran Internasional masalah garansi sangat sederhana:
  1. Apakah perusahaan memberikan garansi internasional yang sama dengan garansi dalam negerinya?
  2. Apakah perusahaan memberikan garansi yang sama untuk semua negara untuk disesuaikan untuk setiap negara?
  3. Apakah perusahaan menggunakan garansi sebagai alat bersaing?
Dari segi produsen, garansi memiliki aspek perlindungan dan aspek promosi. Garansi melindungi produsen dari gugatan yang berlebih-lebihan dengan membatasi tanggung jawabnya. Dan jika garansi memberikan kepastian pembeli, maka ia merupakan salah satu faktor yang membujuk pembeli.

Standarisasi 
Standarisasi Garansi tidak menimbulkan skala ekonomis dalam produksi dan promosi, seperti yang timbul dari standarisasi produk, kemasan atau merek. Beberapa tekanan luar yang mendorong standarisasi garansi:
  1. Jika pasar yang dilayani benar-benar pasar internasional, apalagi jika para pelanggannya adalah perusahaan internasional, yang tidak akan menerima produk dengan garansi berbeda-beda.
  2. Jika produk itu berpindah-pindah dari satu pasar ke pasar lainnya seperti barang turis. Biasanya garansi diseragamkan untuk pasar regional besar seperti Amerika dan Eropa Barat.

Comments

Popular posts from this blog

LINGKUNGAN DOMESTIK, ASING DAN INTERNASIONAL

STRATEGI HARGA INTERNASIONAL/GLOBAL

MANAJEMEN SDM INTERNASIONAL